Sejarah Komputer

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun semakin berkembang dan semakin canggih tiap generasinya, dan yang akan dibahas saat ini adalah perkembangan komputer. Mulai dari computer generasi pertama hingga computer di zaman sekarang. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang namanya computer. Dulu computer diciptakan untuk mengolah data, tetapi di era sekarang ini computer sudah semakin canggih dan sudah multi fungsi, sekarang computer bisa digunakan untuk hal-hal yang membantu manusia. Computer saat ini bisa dikatakan “serba bisa” mengapa? Karena kita bisa mendengarkan music, bermain game, membuat animasi dan film, menyelesaikan tugas, dan lain lain, bahkan tugas ini pun dibuat menggunakan computer.

SEJARAH KOMPUTER I – V

asal usul  sejarah perkembangan computer tak dapat lepas dari kebutuhan manusia untuk dapat mengetahui berapa hasil dari suatu perhitungan, mulai dari perhitungan yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Agar dapat memperoleh suatu informasi dengan tepat dan cepat, manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung danpengolah data yang lebih baik. Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakan secara manual dengan tenaga manusia (Periode manual tahun 1000 SM -1641 M), kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi ng digerakkan tangan (Periode mekanis 1642-1885). Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik (Periode elektromekanis 1886-1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (Periode 1946-sekarang). Pada periode elektronik inilah kita mulai memasuki generasi computer.

  • GENERASI PERTAMA
    Komputer generasi pertama dimulai pada tahun 1946-1956, berikut adalah ciri-ciri dari computer generasi pertama:
  1. Menggunakan tabung hampa udara sebagai sirkuitnya
  2. Ukuran computer yang sangat besar bahkan memerlukan ruangan khusus untuk menyimpan computer tersebut, dan karena itu memerlukan daya listrik yang besar pula
  3. Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetic tape atau magnetic drum
  4. Dan yang terakhir adalah hanya dapat dikendalikan dengan Bahasa mesin

Dan adapun contoh computer generasi pertama yaitu:
1.    ENIAC ( Electronic Numerical integrator and computer )
2.    UNIVAC ( Universal Automatic Computer )
3.    IBM 701 dan IBM 650

 

  • GENERASI KEDUA

Komputer generasi kedua ini mulai populer pada awal tahun 1960, dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947
  2. Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
  3. Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner

Contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401.Sejak tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah informasi keuangan.

 

  • GENERASI KETIGA

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara 1 arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

Adapun contoh computer generasi ketiga adalah sebagai berikut:

  1. IBM S/360
  2. GE 600 dan GE 235
  3. NCR Century

 

  • GENERASI KEEMPAT

Sejarah komputer genarasi keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
  • Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.

Adapun contoh computer generasi keempat adalah sebagai berikut:

  1. Apple II
  2. IBM PC

 

  • GENERASI KELIMA

Sejarah komputer generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:

  • Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

 

Sumber:

http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html
http://artharajasa.blogspot.co.id/2014/02/sejarah-komputer.html

 

ARSITEKTUR SISTEM/ARSITEKTUR KOMPUTER

Menurut Wikipedia sendiri arsitektur system atau arsitektur computer adalah:
“Dalam bidang teknik komputerarsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von NeumannCISCRISCblue Gene, dll.”

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa arsitektur computer adalah konsep perencanaan struktur pengoperasian dasar dari suatu system computer.

Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:

  • Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
  • Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.

Inilah cara melakukan perubahan pada arsitektur komputer

Cara-cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur, yaitu seperti:

  • Membangun array prosesor.
  • Menerapkan proses pipelining.
  • Membangun komputer multiprosesor.
  • Membangun komputer dengan arsitektur yang lain.

Berikut ini mengukur kualitas dari arsitektur komputer

Terdapat beberapa atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas komputer, diantaranya :

  • Generalitas.
  • Applicability (Daya Terap).
  • Efesiensi.
  • Kemudahan Penggunaan atau pemakaian.
  • Daya Tempa (Maleability).
  • Dan daya Kembang (Expandibility).

Dan inilah faktor  yang berpengaruh pada keberhasilan Arsitektur Komputer

Terdapat faator-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:

  1. Yang pertama manfaat Arsitektural diantaranya yaitu:
  • Aplicability.
  • Maleability.
  • Expandibility.
  • Comptible.
  1. Kinerja Sistem.

Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang dapat di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:

  • MIPS (Million Instruction PerSecond)
  • MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
  • VUP (VAX Unit of Performance)

Ukuran Kinerja I/O sistem:

  • Sistem Operasi Bandwith
  • Operasi I/O Perdetik

Ukuran Kinerja Memori:

  • Memoy Bandwith.
  • Waktu Akses Memori.
  • Ukuran Memori.
  1. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya, yaitu :
  • Reliabilitas.
  • Kemudahan Perbaikan.
  • Konsumsi daya.
  • Berat.
  • Kekebalan.
  • Interface Sistem Software.

Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program.

 

Sumber :
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer

 

 

INTERNET

  • Apa itu internet?

Internet(interconnection networking) adalah kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia yang terkoneksi antara satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, serat optic(fiber optic), kabel koaksial, satelit, ataupun dengan koneksi wireless. Dan seluruh jaringan computer ini terhubung melalui (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran internet.

 

  • Siapakah yang pertama kali menemukan internet?

Internet tidak diciptakan dengan satu orang saja lebih tepatnya oleh beberapa orang atau organisasi yang menamakan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Namun ide awalnya disampaikan oleh leonard kleinrock beberapa saat setelah dia menerbitkan makalah pertamanya yang berjudul “information flow in large communication nets” pada tanggal 31 mei 1961.

 

  • Mengapa diciptakannya internet?

Tujuan utama mengapa dibuatkan internet adalah untuk mempermudah pekerjan sehari-hari. Selain itu waktu kita menjadi lebih efisien dan efektif, apalagi yang mempunyai kegiatan diatas rata-rata. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dari internet. Beberapa contohnya adalah sebagai gudang informasi dan sebagai tempat jual-beli.

 

  • Dimanakah pertama kali di ciptakan internet?

Pertama kali ditemukan di amerika, U.S

 

  • Kapan diciptakannya internet?

internet diciptakan pada tahun 1969

 

  • Bagaimana internet ditemukan?

Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh departemen pertahanan amerika serikat pada tahun 1969, dan internet ini awalnya digunakan untuk peperangan, seperti mengetahui strategi musuh, dan untuk memudahkan komunikasi antara tentara dengan tentara yang lain.

 

 

Sumber :

msidikpbudi.wordpress.com
carajuki.com
faculty.petra.ac.id
id.m.wikipedia.org